• Jumat, 22 September 2023

Jalur Rempah Indonesia Bakal Diajukan ke Unesco

- Kamis, 22 September 2022 | 16:01 WIB
Talkshow membahas Jalur Rempah Indonesia yang akan diusulkan ke Unesco
Talkshow membahas Jalur Rempah Indonesia yang akan diusulkan ke Unesco

AdaTah.com - Jalur Rempah Indonesia akan diusulkan sebagai warisan budaya dunia ke Unesco.

Usulan Jalur Rempah Indonesia sebagai warisan budaya dunia ke Unesco itu akan dilakukan pada 2024 mendatang.

Mengapa Jalur Rempah Indonesia akan diusulkan ke Unesco sebagai warisan budaya dunia karena merupakan jejak sejarah yang tak boleh hilang.

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mendukung upaya Pemerintah Kemendikbud Ristekdikti RI mengusulkan Jalur Rempah Indonesia ke Unesco.

Aceh merupakan salah satu titik penting di dalamnya agar menjadi warisan budaya dunia. Dekan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Syarifuddin, menyinggung itu dalam Talkshow Jalur Rempah.

Baca Juga: Bupati Banyuwangi Langgar Peraturan Menpan RB

Baca Juga: Melanggar! Kepala OPD Dijabat Plt Sampai Lebih 3 Tahun, Bahkan Era Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

"Mahasiswa dan dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh khususnya prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) harus berperan aktif menjadi penggerak utama dalam mempromosikan jalur rempah yang ada di Aceh," kata Syarifuddin di Ruang Theater Gedung Museum.

Syarifuddin juga mengusulkan melalui forum itu agar ada pemilihan duta jalur rempah di Aceh yang melibatkan mahasiswa, para akademisi dan aktivis budaya.

Duta Jalur Rempah bertugas melakukan sebuah gerakan dan menjadi motor penggerak dalam mengkampayekan jalur rempah di Aceh.

"Saya mengajak dan menantang mahasiswa agar melihat peluang terkait makanan dan rempah-rempah di Aceh. Bagi siapa yang tertarik berwirausaha, saya akan membantu memfasilitasi modal usaha tanpa bunga dan mendampingi terkait dengan pengurusan segala bentuk izin, seperti label halal dan izin dari lembaga BPOM," tutur Syarifuddin dikutip dari situs Kemenag.

Baca Juga: Wisatawan Asal Jember Jadi Korban Pengeroyokan di Pulau Merah Banyuwangi

Baca Juga: Tak Hanya Mengalami Pengeroyokan, Barang Berharga Wisatawan Asal Jember Juga Dirampas

Sejumlah dosen Prodi SKI sedang terlibat dalam penelitian sejarah jalur rempah Aceh dalam rangka memperkuat secara akademik bahwa Aceh pernah menjadi jalur rempah dunia. ***

Halaman:

Editor: Subahrudin Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X