Langkah Pencegahan dan Penurun Stunting Pemkab Banyuwangi, Usai Bikin Sumur Bor Kini Bangun Pipanisasi

- Kamis, 25 Mei 2023 | 08:31 WIB
Pemkab Banyuwangi sedang membangun infrastruktur perpipaan dalam rangka pencegahan dan menurunkan angka stunting. (Foto : AdaTah/Instagram @kolomdesa)
Pemkab Banyuwangi sedang membangun infrastruktur perpipaan dalam rangka pencegahan dan menurunkan angka stunting. (Foto : AdaTah/Instagram @kolomdesa)

AdaTah.com - Pemkab Banyuwangi kembali menggencarkan langkah-langkah penurunan angka kasus stunting.

Upaya penurunan stunting tersebut dilakukan dilakukan Pemkab Banyuwangi dengan membangun infrastruktur perpipaan untuk memastikan ketersediaan air bersih hingga pelosok desa.

Tahun lalu Pemkab Banyuwangi telah membangun sejumlah sumur bor di beberapa daerah yang kerap mengalami krisis air bersih.

Baca Juga: Beredar Video 12 TKI asal Indonesia Disiksa di Perbatasan Myanmar dan Thailand, 2 Orang dari Banyuwangi

Ketersediaan pasokan air bersih merupakan salah satu indikator untuk pencegahan dan penurunan angka stunting di Pemkab Banyuwangi.

“Setelah tahun lalu kami fokus membangun sumur bor di sejumlah wilayah rawan air, tahun ini dilanjutkan dengan program pembangunan jaringan perpipaan untuk mendukung pendistribusian air bersihnya," terang Bupati Ipuk Fiestiandani dikutip dari Instagram @kolomdesa.

Pada tahun 2021 angka kasus stunting di Pemkab Banyuwangi berada di level 20,1 persen masih dibawah rata - rata stunting nasional yang diangka 21,6 persen.

Baca Juga: Menjelajahi Alas Purwo Banyuwangi di Malam Hari Bersama Pendopo Semar Nusantara Sosok Rambut Panjang Nangkring

Satu tahun berselang angka kasus stunting berhasil ditekan kembali oleh Pemkab Banyuwangi sehingga turun 2 persen pada 2022 sehingga tinggal 18,1 persen.

Pemkab Banyuwangi berhasil menekan angka stunting dari angka 20,1 persen pada 2021 turun menjadi 18,1 persen pada 2022.

Angka - angka itu menunjukkan bahwa Pemkab Banyuwangi bekerja keras untuk menurunkan angka stunting di wilayahnya meskipun angka kasusnya berada di bawah level nasional.

Baca Juga: Hari Ini Destinasi Wisata Taman Nasional Alas Purwo Bakal Ramai, Orang se Banyuwangi dan Bali Bakal Kesini ?

Sekedar diketahui, angka stunting di Provinsi Jawa Timur yakni 19,2 persen dan nasional 21,6 persen. Dengan capaian penurunan angka stunting sehingga tinggal 18,1 persen maka Pemkab Banyuwangi bisa dibilang berhasil.***

Editor: Subahrudin Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X