• Jumat, 22 September 2023

Korsda DPU Pengairan Banyuwangi di Boyong ke Kota Brem, Belajar Tata Kelola Kali Madiun

- Sabtu, 27 Mei 2023 | 12:29 WIB
Para korsda penjaga bantaran dan sempadan sungai di Banyuwangi belajar tata kelola sungai ke Kali Madiun. (Foto : AdaTah/Tangkapan layar Instagram @dpu_pengairan.bwi)
Para korsda penjaga bantaran dan sempadan sungai di Banyuwangi belajar tata kelola sungai ke Kali Madiun. (Foto : AdaTah/Tangkapan layar Instagram @dpu_pengairan.bwi)

AdaTah.com - Kabupaten Banyuwangi termasuk salah satu daerah di Jawa Timur yang berhasil merubah tampilan bantaran sungai menjadi cantik.

Beberapa bantaran sungai di Kabupaten Banyuwangi bahkan menjadi destinasi wisata baru berbasis sungai.

Sebuah saja destinasi wisata Kalilo di kawasan Kota Banyuwangi. Adapula Damsere di Bangorejo yang menjadi destinasi baru bagi anak-anak, dan masih banyak lagi sungai yang disulap menjadi lebih cantik.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Bakal Menambah RSUD Baru, Ini Rencana Lokasi Bangunan dan Nama Rumah Sakit

Tapi itu belum cukup. Baru - baru ini DPU Pengairan Banyuwangi masih belajar tata kelola sungai ke Madiun. Kadis PU Pengairan Guntur Priambodo membawa serta seluruh korsda sebagai penjaga sempadan dan bantaran di wilayah Banyuwangi.

Di Madiun para korsda atau penjaga bantaran dan sempadan sungai berdiskusi dan belajar langsung tentang pemanfaatan bantaran Sungai Taman Kali Madiun.

Dilansir dari Instagram @dpu_pengairan.bwi, dulu bantaran Kali Madiun itu sangat kumuh. Tapi sekarang disulap menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Sungai Taman yang gemerlap.

Baca Juga: Tiga Nama Calon Ketua PERADI Banyuwangi Beredar, Muscab Digelar Hari Ini, Berikut Daftarnya

Perubahan menyeluruh tata ruang sungai ini mulai dari pembangunan saluran penutup dengan boxcilvert yang memisahkan saluran air kotor perkotaan di bawah dan saluran drainase perkotaan yang hilirnya dibuang ke Kali Madiun.

Kini pedestrian, pembangunan replika ikon beberapa negara, gebyar lampu, taman-taman bunga, pojok UMKM tergabung meriah menjadi landmark baru Kali Madiun sebagai wajah Kota Madiun.

Beberapa lokasi aset bantaran dan sempadan sungai di Banyuwangi ada yang sudah dibangun seperti itu. Ada pula yang sedang dan masih akan direncanakan untuk ditata ulang menjadi lebih baik seperti Kali Madiun.

Baca Juga: Astaga! Ayah dan Anak Tewas Tenggelam di Aliran Sungai Kalibaru Banyuwangi, Penyebabnya Bikin Sedih

Kadis PU Pengairan Banyuwangi Guntur Priambodo mengatakan, menata ulang tampilan sungai merupakan salah satu solusi terbaik untuk menyelesaikan dan menjaga sungai dari hulu sampai hilir.

Proses ini tidak bisa dilakukan oleh DPU Pengairan saja, tetapi perlu kebersamaan kolaborasi dan membangun ekosistem sungai yang berkelanjutan oleh seluruh pemangku kepentingan.

Halaman:

Editor: Subahrudin Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X