• Senin, 8 Agustus 2022

Aturan Baru Penumpang Pesawat Jawa Bali Tak Perlu Tes PCR

- Senin, 1 November 2021 | 22:25 WIB
Pesawat Garuda indonesia. (Instagram.com/@garuda.indonesia)
Pesawat Garuda indonesia. (Instagram.com/@garuda.indonesia)

AdaTah.com – Saat ini, penerbangan kawasan pulau Jawa dan Bali tak perlu menggunakan tes Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Aturan ini akan berlaku per Nopember 2021.

Seperti dikutip dari PIKIRAN RAKYAT, aturan baru yang dibuat pemerintah terkait syarat wajib masyarakat yang melakukan perjalanan dengan pesawat terbang ini disampaikan pada 1 Nopember 2021.

“Untuk perjalanan akan ada perubahan. Untuk Jawa dan Bali perjalanan udara tidak lagi mengharuskan menggunakan tes PCR,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dalam konfrensi pers virtual.

Aturan tersebut menjadi aturan baru sebagaimana diubah dari aturan sebelumnya yang mewajibkan penumpang pesawat wajib menunjukan hasil tes PCR.

Dengan adanya aturan baru ini, maka kini para penumpang pesawat penerbangan wilayah Jawa Bali hanya cukup menunjukan hasil tes Rapid Antigen.

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia telah mengusulkan kebijakan ini beberapa waktu lalu.

Sekedar diketahui, sebelumnya pemerintah mewajibkan Tes PCR untuk penumpang pesawat. Aturan tersebut berlaku untuk penerbangan kawasan jawa dan bali serta luar jawa dan bali dengan status PPKM evel 3 dan 4.

Sehingga kebijakan tersebut menjadi kontroversi dikalangan masyarakat, dimana banyak yang mempertanyakan keputusan tersebut saat diberlakukan, lantaran harga tes PCR dirasa masih cukup mahal. Terlebih kebijakan tersebut dibuat saat posisi angka Covid-19 di Indonesia sudah menurun di titik terendah. ***

Editor: Budi Rosiono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prajurit Yonif 1 Marinir Latih PBB Siswa SD

Minggu, 7 Agustus 2022 | 23:27 WIB

Warga Klungkung Mulai Termotivasi Jaga Kebersihan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 22:45 WIB

Peduli Kasih, Satgas Yonmek 203/Arya Kemuning Berbagi

Minggu, 7 Agustus 2022 | 22:13 WIB

Pangdam V/Brawijaya Kunker ke Pertamina Cepu

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 21:25 WIB
X