• Senin, 5 Desember 2022

8 Rekomendasi Dewan untuk Penanganan Banjir, Singgung Alih Fungsi Lahan

- Rabu, 23 November 2022 | 19:49 WIB
Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Ruliyono menunjukkan lampiran rekomendasi progresif terkait banjir.   (Foto : AdaTah/Subahrodin Yusuf)
Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Ruliyono menunjukkan lampiran rekomendasi progresif terkait banjir. (Foto : AdaTah/Subahrodin Yusuf)

AdaTah.com - Banjir bandang Kalibaru yang mengakibatkan ratusan ratusan rumah rusak disikapi DPRD Banyuwangi.

Langkah yang dilakukan DPRD Banyuwangi menyikapi banjir bandang Kalibaru yakni dengan mengeluarkan rekomendasi progresif.

Rekomendasi progresif yang dikeluarkan DPRD Banyuwangi agar bencana banjir bandang Kalibaru dan wilayah lain tak terulang lagi.

Rekomendasi itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Ruliyono yang ditujukan kepada Bupati Ipuk Fiestiandani.

Baca Juga: PTPN XII Jadi Sasaran Demo Warga, Buntut Banjir Bandang Kalibaru

"Setidaknya ada delapan rekomendasi untuk Bupati agar jadi atensi. Rekomendasi dalam mengatasi banjir ini sudah ditandatangani keempat pimpinan dewan," kata Ruliyono.

Dalam rekomendasi progresif itu diantaranya berisi agar ada kebijakan darurat dalam relokasi maupun normalisasi aliran sungai, perbaikan maupun pengadaan infrastruktur.

"Kami meminta kepada Bupati untuk dua perkebunan swasta yang tidak memiliki izin alih komoditas agar diberikan punishment serta wajib mengembalikan ke perizinan semula," ucap Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi.

Untuk perusahaan perkebunan yang berada di wilayah Kecamatan Kalibaru dan Glenmore wajib mengembalikan kebijakan tanaman keras atau tanaman yang memiliki daya tangkal banjir dan tanah longsor.

Halaman:

Editor: Rochman Ainur Rofiq

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X