Apa Hukum Tadarus Al-Qur'an Pakai Pengeras Suara Hingga Tengah Malam? Begini Penjelasan Gus Yusuf Chudlori

- Sabtu, 25 Maret 2023 | 15:54 WIB
Gus Yusuf Chudlori Menjelaskan hukum tadarus Al-Quran menggunakan pengeras suara (Tangkapan layar akun instagram yusuf_ch)
Gus Yusuf Chudlori Menjelaskan hukum tadarus Al-Quran menggunakan pengeras suara (Tangkapan layar akun instagram yusuf_ch)

AdaTah.com - Sebaik-baiknya amalan di bulan suci Ramadhan adalah tadarus Al-Qur'an (Membaca Al-Qur'an).

Pada prakteknya, Al-Qur’an dibaca bersama-sama di Masjid atau Mushalla dengan menggunakan pengeras suara di bulan Ramadhan.

Mengingat pahala membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan berlipat-lipat membuat kaum muslim Indonesia menjadi antusias mengikuti kegiatan ini.

Sehingga, tidak sedikit Masjid atau Mushalla yang melakukan tadarus Al-Qur’an hingga melewati pertengahan malam.

Baca Juga: Pengibar Atribut PSHT yang Terjun dari Atas Kapal Resmi Pendekar Silat, Rekan Satu Perguruan Gelar Doa

Sebenarnya tadarus dengan pengeras suara Masjid atau Mushalla untuk keperluan tersebut boleh saja bahkan disunnahkan.

Tetapi, apabila penggunaan toa tersebut, dilakukan dengan durasi panjang misalnya sampai tengah malam, juga tidak baik karena dapat mengganggu orang yang memerlukan kondisi tenang.

"ya cuman saya juga ingatkan lagi semangat itu jangan sampai kebablasan, kadang-kadang kita saking semangatnya tadarus pasang toa kencang-kencang di Masjid," Ujar Gus Yusuf Chudlori yang dilansir dari kanal YouTube Gus Yusuf Channel.

Baca Juga: Sempat Naik Bus, Kronologis Anggota Perguruan Silat PSHT Ceburkan Diri ke Laut Selat Bali Akhirnya Terungkap

"Kalo tadarus itu cukuplah dengan tidak menggunakan pengeras suara luar masjid, melainkan menggunakan suara dalam. Atau tanpa sound kan ya cukup kita tadarus membaca Al-Qur'an bersama di Masjid atau cukup sound kecil," Tegasnya.

"Karena kalo kita pake sound system keluar lebih dari jam 9 malam kasian tetangga-tetangga. Karena tidak semua orang sama dengan kita," Jelasnya.

"Ada yang mungkin jam 8 malam harus tidur karena apa? karena jam 2 malam dia kerja sift malam atau jam 2 malam dia harus berangkat ke pasar maka dia habis isya langsung tidur. Nah Kalo kita baca Al-Qur'an keras-keras kan kasian," Tuahnya.

Baca Juga: Pulang Kampung Karena Liburan Nyepi, Anggota Perguruan Silat PSHT Ceburkan Diri ke Laut, 3 Hari Belum Ketemu

Maka membaca Al-Qur'an itu bagus hukum asalnya berpahala, tapi baca Al-Qur'an bisa jadi makruh.

Halaman:

Editor: Budi Rosiono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X