• Jumat, 22 September 2023

Wisatawan di Candi Borobudur Diminta Pakai Ageman Putih Selama Waisak, Begini Penjelasan InJourney

- Kamis, 1 Juni 2023 | 19:50 WIB
Peserta Waisak dan wisatawan di Candi Borobudur diminta oleh TWC mengenakan pakaian putih sebagai bentuk solidaritas. (Foto : AdaTah/Instagram @ditpolairudjateng)
Peserta Waisak dan wisatawan di Candi Borobudur diminta oleh TWC mengenakan pakaian putih sebagai bentuk solidaritas. (Foto : AdaTah/Instagram @ditpolairudjateng)

AdaTah.com - Perayaan Waisak di Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah, pada 4 Juni 2023 bakal semarak.

Perjalanan 32 Bhikkhu dari Thailand yang melintas batas negara dari Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia telah tiba di Candi Borobudur Magelang pada 1 Juni 2023.

Selain itu ribuan umat Buddha maupun warga sekitar bakal memadati Candi Borobudur sejak 30 Mei 2023 sampai nanti puncak Waisak pada 4 Juni 2023.

Baca Juga: KA Pandalungan Resmi Meluncur dari Stasiun Jember - Stasiun Gambir, Awas Keberangkatan Bulan Juni Berbeda

Perayaan Waisak 2023 digelar dalam kerangka spiritual tourism kegiatan ibadah keagamaan yang menjunjung kekhusyukan.

Peserta prosesi Tri Suci Waisak di Candi Borobudur diharapkan khidmat disertai sikap serupa dari kalangan wisatawan yang hadir di acara itu.

Waisak merupakan momen yang menjadi simbol kebangkitan nilai-nilai spiritual Candi Borobudur yang merupakan salah satu warisan budaya dunia.

Baca Juga: Innalillahi! Siswa TK Dikabarkan Tewas Tenggelam di Destinasi Wisata Akbar Zoo Banyuwangi

Selaku pengelola Candi Borobudur pihak TWC mendorong para wisatawan dan peserta perayaan Waisak memakai ageman putih.

"Masyarakat maupun wisatawan bisa hadir untuk menyaksikan dan merasakan atmosfer perayaan Waisak di Candi Borobudur. Bagi yang ingin melihat rangkaian acara, bisa masuk melalui gerbang utama TWC Borobudur. Wisatawan diharapkan bisa menggunakan transportasi umum, mengingat peningkatan kepadatan pengunjung di kawasan Borobudur saat momen Waisak ini," jelas Direktur Utama PT TWC Febrina Intan.

Pemakaian busana putih saat berkunjung ke destinasi wisata Candi Borobudur pada momen Waisak merupakan bentuk solidaritas dan kesetiakawanan kepada umat Buddha.

Baca Juga: Malam-malam Kapolresta Banyuwangi Tiba-tiba ke Pendopo Pak Kades Aliyan, Ini yang Dibahas

Rangkaian kegiatan Waisak tahun ini turut menggerakkan roda kebangkitan pariwisata Indonesia, baik dari sisi sosial, budaya, ekonomi, dan lainnya.

Side Event Waisak Festival Purnama 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 30 Mei–4 Juni 2023 di kompleks Candi Borobudur dan sekitarnya menjadi pendukung semaraknya Waisak.***

Halaman:

Editor: Subahrudin Yusuf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X